Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pastikan Kuantitas, Shabu Temuan di Bandara Hang Nadim Dibawa ke BC Batam
Oleh : Ali
Sabtu | 16-03-2013 | 17:57 WIB
sabu-bandara-kantong.jpg Honda-Batam
Shabu dalam 19 kantong dengan berat 4 hingga 5 kilogram dibawa ke BC Batam. (Foto: Ali/batamtoday)

BATAM, batamtuday -- Terkait temuan tas ransel (bukan koper) berwana hitam berisi shabu, yang terpindai mesin X-ray di Bandara Hang Nadim Batam, hingga saat ini petugas Bea dan Cukai maupun Kepolisian belum bersedia memberikan keterangan resmi.


Pasalnya barang bukti serbuk putih yang terdiri dari 19 kantong yang terdiri dari 16 kantong berukuran besar dan 3 kantong berukuran kecil yang diduga narkotika jenis shabu-shabu masih akan dihitung kembali di KPU Bea dan Cukai, Batu Ampar.

"Belum bisa kita simpulkan berapa jumlah pastinya, karena masih akan ditimbang lagi di kantor. Tapi perkiraan kita berat keseluruhan ada antara 4 hingga 5 kilogram," kata salah seorang petugas yang tidak mau disebutkan namanya, Sabtu (16/3/2013).

Sementara itu, melalui rekaman CCTV Bandara Hang Nadim, Batam diketahui setelah 30 menit tas ransel yang diduga berisikan sabu-sabu tidak diambil oleh pemilknya. Dari rekaman yang telah dilihat petugas bandara, pemilik diduga berjuamlah dua orang melintas begitu saja meninggalkan barangnya. Diduga keduanya menaiki pesawat Lion Air tujuan Jakarta pada pukul 13.07 Wib siang tadi.

"Setelah 30 menit petugas menunggu siapa pemilik tas tersebut, tidak juga ada yang mengambil. Dari CCTV yang kita lihat pemilik merupakan pria," ujar petugas bandara lainnya.

Lanjutnya, untuk keterangan resminya seperti jumlah barang dan kronologisnya akan disampaikan setelah penyerahan ke pihak kepolisian oleh BC.

Hingga saat ini, barang haram yang telah dikemas ke dalam gardus telah di bawa ke kantor BC  menggunakan mobil Dinas Hi-Rider BP 8633 C yang dikawal oleh dua mobil yang ditumpangi anggota kepolisian.

Editor: Dodo